Kecewa dengan Buku Petualangan Ibnu Batuta


Aku merasa senang karena buku ini adalah yang terakhir aku beli di tahun 2014. Itu berarti aku bisa membaca koleksi selanjutnya yang terbaru. Kali ini aku membaca Petualangan Ibnu Batuta; Seorang Musafir Muslim Abad Ke-14. Kenapa membeli ini karena aku penasaran dengan cerita Ibnu Batuta. Kenapa dia bisa begitu terkenal dan dibicarakan ketika aku sekolah dulu.

Alih-alih mendapat pencerahan atas rasa penasaran, aku malah kecewa. Putus asa karena apa yang aku harapkan dari buku ini tidak tersedia. Buku ini menceritakan daerah-daerah yang disinggahi oleh Ibnu Batuta selama dia hidup, tetapi tidak menulis kontribusinya di daerah itu atau apa yang menarik dari sang musafir. Kalau begitu, apa bedanya dengan aku yang ditulis misalnya karena sudah berkeliling dunia? Sama sama bukan?

Buku ini membagi setiap tulisan menjadi pecahan setiap perjalanan Batuta ke dalam daerah-daerah yang dia kunjungi. Dan setiap kali aku baca, ya sudah tidak ada yang membuat aku penasaran. Aku berpikir positif karena ini masih di awal jadi tidak membahas secara utuh tentang Ibnu Batuta. Semakin aku baca, semakin aku bosan. Hingga belum sampai pada pertengahan buku, aku putuskan untuk menamatkan tanpa selesai.

Ini karena aku sudah tidak merasakan kepuasan atas bacaan ini. Aku kecewa. Kalau diberi nilai, aku kasih lima. Aku tidak tega memberi angka nol karena menghargai penulis karena sudah meriset tentang Ibnu Batuta meski pada akhirnya isinya tidak ada.

Sebenarnya berat memberikan nilai merah pada penulis Ross E Dunn ini. Apalagi yang diterbitkan oleh Yayasan Obor Indonesia yang tidak diragukan lagi buku hasil cetakannya. Di buku ini dijelaskan Dunn adalah profesor sejarah di Universitas Negeri San Diego. Meski berat, tapi aku harus realistis dengan buku yang terbit tahun 2013 ini.

Aku tidak bisa menulis banyak di tulisan ini karena sudah tidak ada yang bisa diungkapkan. Ini adalah pengalaman pribadi setelah menulis buku Petualangan Ibnu Batuta. Mungkin kamu yang sudah membacanya memiliki penilaian berbeda. Yang penting jangan lupa untuk terus membaca!

Previous
Next Post »
0 Komentar